Sabtu, 12 Agustus 2023

Peningkatan Kapasitas Pegawai KI Pusat yang Adaptif Miliki Added Value


JAKARTA, DIALOG  - Mantan Menteri Pertahanan RI Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, MSc. MA. PhD. IPU mengingatkan perlunya peningkatan kapasitas pegawai Komisi Informasi (KI) Pusat yang adaptif dan memiliki added value (bernilai tambah). Hal itu disampakan oleh Founder Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) dan Senior Adviser Kepala Staf Kepresidenan (KSP) serta Guru Besar Tetap Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam kegiatan peningkatan kapasitas pegawai yang digelar oleh Sekretariat KI Pusat di Hotel Sari Ater Subang Jawa Barat, 24-26 Juli 2023.   

Dalam kegiatan pembinaan pegawai KI Pusat itu, seluruh komisioner yang terdiri dari Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, Wakil Ketua Arya Sandhiyudha, Komisioner Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik (Reglik) Gede Narayana, Komisioner Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Samrotunnajah Ismail, Komisioner Bidang Kelembagaan Handoko Agung Saputro, Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi (Litdok) Rospita Vici Paulyn, dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Syawaludin bersama Plt. Sekretaris KI Pusat Nunik Purwanti. Kegiatan pembinaan pegawai ini juga diikuti oleh seluruh pegawai KI Pusat yang terdiri dari para Ketua Tim, Tenaga Ahli dan Asisten Ahli bersama seluruh staf sekretariat termasuk office boy, dirver dan security.


Pada kesempatan peningkatan kapasitas pegawai itu, Purnomo yang Mantan Menteri ESDM RI dan Pionir Universitas Pertahanan (UNHAN) menjelaskan bahwa pegawai KI Pusat harus memiliki jati diri yang terdiri dari core value, perspektif self management, motivasi untuk berprestasi, memiliki servant leadership dan profesionalisme. 

Selain itu, menurutnya, pegawai KI Pusat harus adaptif yang terdiri dari kemampuan wawasan kebangsaan, birokrasi yang profesional, weberian, miliki dinamika perubahan. Ia juga menambahkan bahwa pegawai KI Pusat harus memiliki added value mulai dari strata manajemen birokrasi, manajemen kolaboratif, kreativitas diri, kualitas, keahlian, kontribusi serta dapat bekerja diluar zona nyaman.

Kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas pegawai yang dilaksanakan setiap tahun oleh Sekretariat KI Pusat diisi pembinaan dalam ruang dan luar ruangan. Pembinaan luar ruangan berupa senam dan permainan team work, serta melakukan kegiatan menantang arum jeram yang sangat memacu adrenalin sekitar 67 pegawai KI Pusat. (Agus )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budaya

Natua tuaido Debata Nata Ida

Op.Marudur. Pasaribu.br/ Siringo ringo. Foto Bersama Ianakkonna,  Agus Efendi. Pasaribu,SH.